AMBON - Monday, 20 Oct 2014

  • Search
    • Selamat Datang

      Situs ini dibuat untuk saling melengkapi informasi tentang Maluku di internet.

      Harapan kami semoga mendapat apresiasi dan tanggapan balik demi melengkapi content yang telah ada.

      MEna...


  • Contact
    • Contact Us






    • Contact Info

      RUMAHTIGA - AMBON
      MALUKU - INDONESIA

      info@malukueyes.com

      0911-3884012

You are here: Nusa Ina Maluku Utara Pemkab Halmahera Utara Kembangkan Komoditi Kelapa

Pemkab Halmahera Utara Kembangkan Komoditi Kelapa

TERNATEPemerintah Kabupaten Halmahera Utara (Halut), Maluku Utara, akan mengembangkan tanaman kelapa sebagai komoditi unggulan masyarakat setempat.

"Kabupaten Halut memiliki komoditi andalan yakni kelapa yang merupakan inti kompetensi dan sekaligus sebagai komoditi unggulan di daerah ini," kata Wakil Bupati Halut, Rusman Soleman.

Ia mengatakan, berdasarkan data pada tahun 2011, luas lahan komoditi kelapa di Kabupaten Halut 50.093 hektar yang tersebar di seluruh kecamatan, dengan capaian produksi 71.325 ton dan luas panen sebesar 39.625 hektare dengan produktifitas 1,8 ton per tahun.

Kegiatan ekspor kopra dilakukan sejak Tahun 2008 hingga saat ini dengan tujuan ekspor Philipina. Sebelumnya kopra dibawa ke Pulau Sulawesi dan Jawa lalu diekspor.

"Nilai tambah yang diperoleh petani kelapa di daerah ini dengan adanya ekspor kopra sudah dirasakan masyarakat Halut," katanya.

Untuk itu, kata Rusman, Pemkab Halut akan tetap mendorong dan menggunakan potensi komoditas yang dimiliki dalam perlindungan kekayaan hayati.

Selain itu, Pemkab Halut juga akan menggandeng pihak terkait dalam meningkatkan kualitas komoditi kopra untuk tujuan ekspor di berbagai Negara tujuan.

 Read: 575 times

Add comment


Security code
Refresh

Copyright © 2011 MALUKU EYES
by: SCRIPT DIGITAL

Secured by Siteground Web Hosting